Wawancara dengan founder Clover Project

Di antara banyaknya karya-karya anak bangsa yang berbau unsur Jepang, ada satu karya yang cukup unik, bernama Clover Project.

Dikemas dalam light novel dan ditulis dengan unsur school life, romance, dan drama, Clover Project menceritakan seorang pelajar bernama Harunaka Risa, yang memasuki ekskul untuk siswa yang bermasalah, untuk menemukan alasan yang sebenarnya mengapa didirikan ekskul tersebut dan kepergian guru yang mengurus ekskul itu. Tak sengaja, ketiga siswa lainnya juga ikut memasuki ekskul tersebut. Tetapi, lambat laun, keempat siswa yang awalnya memiliki masalah ini, saling bahu membahu menyelesaikan masalah satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk keluar dari ekskul tersebut. Apakah yang terjadi kemudian? Apakah Risa-san dapat menemukan alasan apa sebenarnya yang terjadi? Bagaimana kelanjutan kisah keempat siswa dalam menyelesaikan masalah mereka?

Kali ini, penulis mendapat kesempatan untuk mewawancarai pemilik proyek merangkap founder dari Clover Project, Hoshizora Matsuko. Selamat membaca.

______________________________

IO: Clover Project itu apa sih? Boleh dijelasin sedikit mengenai Clover Project?
Matsuko: Clover Project adalah proyek jangka panjang dengan inti cerita seperti yang sudah dijelaskan. Rencananya Clover Project akan dibukukan menjadi light novel. Tapi tidak hanya itu saja, ceritanya juga akan dilagukan. Bisa juga sih dijadikan visual novel, tetapi saat ini belum ada rencana ke sana.

IO: Apakah proyek ini dikerjakan sendiri saja, atau dilakukan bersama dengan tim?
Matsuko: Di bagian blog, Facebook page, Twitter, dan light novel itu hanya saya yang mengerjakannya. Tetapi, di bagian lagu, liriknya juga saya yang tulis, dengan dibantu oleh translator dan composernya dari teman saya sendiri.

IO: Sudah berapa lama Clover Project ini dikembangkan?
Matsuko: Sebenarnya rencana bikin project ini sudah mulai dari setahun yang lalu, tapi karena waktu itu saya masih sibuk sekolah, jadi hanya bisa bikin story concept. Sedangkan blog dan lainnya baru dimulai sekitar satu-dua bulan yang lalu.

IO: Makna dari logo Clover sebenarnya melambangkan apa sih?
Matsuko: Maknanya sendiri masuk ke makna Clover, yang artinya kalau mereka berempat berkumpul akan menghasilkan keberuntungan, karena itu logonya membentuk empat kelopak dengan masing-masing melambangkan karakter utama yang saling melengkapi. Atau bisa juga melambangkan kebersamaan keempat tokoh.

IO: Pastinya keempat warna dalam logo Clover ini melambangkan masing-masing sifat keempat tokoh utama, benarkah demikian?
Matsuko: Benar, warna logo disamakan dengan warna rambut tokoh utama.

IO: Clover Project ini mengambil setting cerita slice of life di sekolah. Ceritanya sendiri terinspirasi dari mana?
Matsuko: Inspirasi ceritanya diangkat dari kehidupan saya sendiri dan beberapa teman saya, dengan sedikit perubahan. Bisa dibilang ini setengah dari kisah nyata yang ditambah bumbu drama dan romance. Tapi, niat awalnya memang ingin menceritakan kisah diri sendiri.

cloverproject-characters

IO: Mengenai desain karakter, yang sudah cukup jelas ada empat tokoh utama perempuan. Apakah ada kemungkinan ada tokoh-tokoh lainnya dalam proyek ini?
Matsuko: Ada. Empat tokoh yang muncul di awal itu main character dari project ini (sesuai namanya yang mengartikan empat kelopak). Selain keempat tokoh itu, nantinya juga akan ada karakter seperti teman sekolah, keluarga, dan lain-lain. Kira-kira ada total sembilan karakter yang akan ada desain gambarnya.

cloverproject-seifuku

cloverproject-seifuku2

IO: Desain pakaiannya sendiri terinspirasi dari mana?
Matsuko: Bukan dari mana-mana ya, karena pada dasarnya saya suka mendesain jaket dan blazer. Dan untuk mengetahui ukuran seragamnya dari Jepang, saya sempat mencari referensi melalui Google.

IO: Bisa beri bocoran sedikit mengenai nama-nama karakter yang akan menyusul keluar nantinya?
MatsukoAda Harunaka Megumi, Harunaka Iruya, Takatori Akira, Daiyuki Ren, dan ada satu lagi yang saya lupa. Mohon maaf, karena saat ini (red: saat diwawancara) saya online di handphone dan saya hanya ingat beberapa, sementara data karakter ada di laptop.

IO: Dalam penulisannya, dalam berapa volumekah light novel ini akan dibuat? Dan apakah ceritanya akan habis dalam satu buku saja, atau tetap berlanjut dalam beberapa buku?
Matsuko: Karena nantinya akan dirilis menjadi light novel, per volume akan dibuat menjadi buku kecil yang hanya mencakup sekitar 200 halaman, dan akan menjadi novel berlanjut dengan total 4 volume.

IO: Apakah nantinya light novel yang akan diluncurkan ini terbit di toko-toko buku melalui penerbit lokal atau hanya diterbitkan dan dicetak secara online saja?
MatsukoUntuk penerbit, masih saya pertimbangkan karena ada teman saya ada yang berminat menjadi distributor kalau ingin diterbitkan secara mandiri. Di saat yang sama, saya juga ingin menjualnya di toko buku.

______________________________

Kalau kamu tertarik untuk mengikuti Clover Project, kamu bisa mengikutinya di Facebook Page, Blog, atau Twitter mereka.

Iklan

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s