Badan Pariwisata Jepang memanfaatkan Comiket 85 sebagai daya tarik wisatawan asing

Event Comic Market, yang sering disingkat menjadi Comiket, yang diadakan dua tahun sekali ini tidak hanya menghadirkan para penggemar anime, manga, video game dan doujinshi dari negara Jepang saja, melainkan seluruh dunia mencakup ke acara ini.

4-thumb-378xauto-94

Wisatawan asing banyak yang pergi ke Tokyo Big Sight untuk datang ke acara ini dan membeli pernak-pernik, juga melihat para cosplayer mereka-reka adegan karakter yang sedang mereka tiru. Dengan adanya sikap antusias di antara para pelancong luar negeri ini, mengapa tidak memanfaatkan acara ini untuk mempromosikan sektor pariwisata Jepang?

1種村さん写真+-thumb-378xauto-91

Melihat adanya ide ini, Badan Pariwisata Pemerintah Jepang melalui situs webnya, Visit Japan, berkolaborasi dengan acara khusus otaku yang diadakan dua tahun sekali ini untuk mempromosikan popularitas anime dan manga secara luas. Baru-baru ini situs web tersebut mewawancarai salah satu peserta Comiket yang paling mendapat perhatian, yaitu Arina Tanemura sang mangaka Fullmoon o Sagashiite yang sudah dikenal luas. Mangaka satu ini sudah mendapatkan banyak banyak surat penggemar yang beragam dari penggemarnya dari luar.

“Aku banyak mendapatkan banyak surat yang bercampuran dengan bahasa Jepang di sini dan di sana. Ketika aku ikut dalam berbagai acara, banyak orang menghampiriku dan mencoba sebisa mereka untuk berkomunikasi dengan bahasa ibuku. Itu sangat menyentuh hati saya. Ketika aku dengar bahwa membaca mangaku adalah inspirasi bagi seseorang untuk mempelajari bahasa Jepang, itu membuatku sangat senang. Aku juga banyak mendapatkan banyak foto dari penggemar-penggemar yang memakai kostum karakter yang tentunya sangat menyenangkan.”

5-thumb-378xauto-95

Dari apa yang disampaikan Tanemura, menjadi suatu kesenangan untuk bertemu penggemar yang sudah membaca karyanya. Dalam pesan untuk mereka, sang mangaka berkata:

“Ketika aku menaruh seluruh hasil kerja kerasku dalam karya manga yang diterbitkan secara professional, mengerjakan doujinshi adalah waktu yang bagus untukku untuk beristirahat dan bermain, jadi aku akan melanjutkannya sebaik mungkin.. silakan lihat keduanya!”

Teks wawancara penuh dengannya sudah diterjemahkan dalam sembilan bahasa yang berbeda, dari bahasa Inggris sampai bahasa Vietnam dan Cina. Ini semua demi kepentingan promosional Comiket 85 yang akan datang, di mana akan diselenggarakan di Tokyo Big Sight pada tanggal 29 sampai 31 Desember 2013. Kamu bisa melihat teks wawancara penuh dengan sang mangaka di sini.

Situs web tersebut juga baru-baru ini mengadakan kontes foto untuk wisatawan asing yang mengunjungi negara Jepang dan mereka juga menambahkan satu kategori otaku pada kontes tersebut. Kategori otaku ini khusus untuk hobi yang spesifik, seperti cosplay, anime, manga, figure, dan idol. Kategori lainnya termasuk makanan, busana, tradisi, alam, dan keunikan yang menampilkan keunikan dari negara Jepang. Kontes foto ini hanya boleh diikutsertakan sampai tanggal 1 Januari 2014.

Pariwisata anime selama ini telah membantu mendorong pariwisata di Jepang dan berbagai seri anime seperti Girls und Panzer, Free! dan AnoHana telah membantu mendongkrak jumlah wisatawan berdasarkan asal kota mereka. Salah satu contohnya seperti kota Oarai yang ditampilkan di anime Girls und Panzer.

Sumber: SGCafe

Iklan

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s