Gen Urobuchi: “Pahlawan Adalah Seseorang Yang Memberi Pengaruh Baik Kepada Orang Lain.”

Gen Urobuchi, penulis Kamen Rider Gaim dan Puella Magi Madoka Magica memberikan pendapatnya mengenai Gaim pada wawancara dengan koran Yomiuri.

Yomiuri (Y): Banyak orang yang mulai menonton Gaim setelah melihat pekerjaan anda di Madoka. Bagaimana perasaan anda atas hal tersebut?
Gen Urobuchi (G): Memang membuat saya bahagia bahwa Gaim jadi mendapat perhatian karena hal tersebut, tetapi saya ingin mengingatkan orang-orang bahwa kedua acara tersebut sangat berbeda.  Keduanya sama-sama tayang di TV dan ditulis oleh saya, namun keduanya hal yang berbeda. Kamen Rider tidak tayang pada malam hari, namun acara anak-anak yang tayang pada Minggu pagi. Saya juga harus memikirkan tentang mainannya ketika menulis acara ini, jadi ini tidak seperti acara yang pernah saya tulis sebelumnya.

Y: Bagaimana rasanya ketika anda pertama kali mulai mengerjakan acara ini?
G: Produser Takebe tiba-tiba menghubungi saya. Saya sangat terkejut pada awalnya bahwa mereka sudah merencanakan Gaim selama setengah tahun. Saya baru tahu bahwa mereka sangat cepat mengerjakan sebuah acara tokusatsu.

Y: Apa saja yang sudah ditentukan ketika anda mendapat pekerjaan tersebut?
G: Desain belt dan konsep perubahannya. Saat itu baru Banana Arms dan Grape Arms yang sudah final, dan saya juga diberi tahu bahwa akan ada lebih dari satu Rider.

Y: Apa anda seorang fans Kamen Rider?
G: Ya, saya seorang fans. Oleh karena itu saya bingung ketika pertama kali melihat bentuk Gaim. Dia tidak terlihat seperti seorang Kamen Rider. Saya tidak mengerti penggunaan motif buah.

Y: Seperti apa pengalaman pribadi anda dengan Kamen Rider?
G: Saya tidak menonton Rider awal-awal ketika mereka tayang., hingga Black tayang. Saya tidak pernah ketinggalan episode Kamen Rider Black. Saya juga kadang-kadang masih menonton episode dari RIder-Rider terbaru.

Y: Sebagai seorang penulis, apakah ada serial Rider yang ingin anda buat ulang jika bisa?
G: I menonton secara cepat Rider-Rider setelah W dan membedah acara-acara tersebut. Seperti bagaimana cerita mereka direncanakan, apa teknik yang mereka gunakan dan sebagainya. Saya suka mengaplikasikan beberapa hal tersebut di Gaim, karena saya benar-benar menyukainya.

Y: Apa permasalahan yang anda hadapi sampai sekarang?
G: Motifnya. Lihat motif kedua Rider sebelumnya: seorang astronot dan penyihir.  anda dapat dengan mudah membuat seorang pahlawan dari kedua hal tersebut, tapi dari jeruk? Dari awal, saya harus bekerja menggunakan sesuatu yang tidak heroik sama sekali. Hal tersebut merupakan kesalahanku, tapi. Saya menyadari bahwa saya harus melihat hal tersebut sebagai sebuah mainan. Seseorang menemukan belt aneh ini dan memainkannya seperti tidak masalah, kemudian secara perlahan akan terungkap bahwa itu sesuatu yang lebih beasr dari hanya suatu mainan. Gaim akan menjadi lebih seperti Rider, perlahan namun pasti.

Y: Puella Magi Madoka Magica adalah cerita tentang gadis yang berusaha menjadi seorang Mahou Shoujo. Apa menurut apa dapat dikatakan bahwa Gaim adalah cerita tentang anak muda yang berusaha untuk menjadi seorang Rider?

G: Secara simpel, iya, tetapi Gaim berbeda dengan Madoka yang selesai dalam satu musim. Gaim memiliki empat musim dan tayang lebih dari setahun, sehingga akan menjadi mengenai bagaimana ia terus berubah. Bagian kedua Gaim akan menjadi tentang Kouta sebagai seorang Kamen Rider yang matang, dan ceritanya akan menjadi semakin heroik.  Oleh karena itu saya memutuskan bahwa di awal cerita ia tidak akan menjadi seperti Rider sama sekali.

Y: Apa masalah yang anda hadapi di awal-awal?
G: Gaim ditunda selama satu bulan, dan mulai di bulan Oktober. Ini dikarenakan alat power-up Gaim akan bentrok dengan kloter pertama mainan saat Natal. Artinya saya tidak dapat memperkenalkan alat dan karakter baru sebelum mencapai poin tersebut.

Y: Dan power-up item ini adalah yang membuat dia menjadi seorang pahlawan sebenarnya?
G: Awal cerita adalah tentang seorang anak yang menemukan sebuah belt mainan. Ketika ia semakin menjadi seorang pahlawan, akan aneh jika ia mengatakan bahwa ia seorang pahlawan dengan sebuah jeruk. Dengan alat power-up tersebut, ia dapat menarik semua potensi dari belt mainannya. Pada saat itulah kepahlawanan Kouta akan bangkit.

Y: Bagaimana cara anda menciptakan para karakter?
G: Saya mengetahui bagaimana saya menginginkan para karakter yang saya inginkan ketika mereka menjadi dewasa, jadi saya bekerja terbalik dari hal tersebut. Saya perlu berpikir sangat keras bagaimana caranya memperlihatkan mereka manjadi dewasa dengan caray yang terbaik. Hal ini akan terlihat di bagian pertama Gaim.

Y: Darimana asalnya nama Yggdrasill?
G: Kita mengadakan rapat untuk nama tersebut. Karena para Rider memiliki motif buah, kita menginginkan nama yang dapat dihubungkan dengan tanaman.

Y: Apa hubungannya dengan mitologi Norse?

G: Tidak banyak. Kita memang mengambil beberapa nama dari mitologi, tetapi tidak memiliki arti lebih dari itu.

Y: Berapa banyak yang telah anda tulis saat ini?
G: Saat ini, saya sudah menulis 19 episode., sekita satu episode setiap minggunya. (Episode 7 baru saja tayang ketika wawancara ini dilakukan.) Saya sangat ingin menunjukkan kepada dunia bagaimana Kouta, Mitsuzane dan Kaito tumbuh dewasa dan mempengaruhi satu sama lainnya.

Y: Apa pandangan anda mengenai apa itu seorang pahlawan?
G: Seseorang yang memberi pengaruh baik ke orang lain. Selain itu, ada juga rasa keadilan, tetapi hal tersebut belum akan muncul hingga episode 14. Dari situ, Gaim akan menjadi cerita mengenai keadilan, dan menjadi cerita Rider yang sebenarnya.

Sumber: Translasi bahasa Jepang oleh The Tokusatsu Network, Artikel diambil dari koran Yomiuri, 26 November , 2013.

Komentarmu?

