Interview: Thailand Cosplay Team, C4 Team

Simak wawancara Indonesian Otaku dengan tim cosplay dari Thailand, C4 Team!

Jika sebelumnya Indonesian Otaku mewawancarai Goldy yang merupakan seorang cosplayer mecha, maka kini IO berkesempatan berkenalan lebih lanjut dengan sebuah tim yang mengkhususkan diri mereka dalam cosplay armor dan mecha: C4 Team dari Thailand! Berikut wawancara kami dengan mereka salah satu anggota mereka, Niti:


Indonesian Otaku (IO): Pertama-tama, bisakah anda memperkenalkan diri anda dan tim anda?

Niti of C4 Team(N): Nama saya Niti dari C4 Team, Thailand. Tim kami mengkhususkan diri membuat cosplay mecha dan armor seperti Transformers, Iron Man, Robocop, dan Getter Robo. Membuat apapun yang merupakan robot adalah keahlian kami.

IO: Sejak kapan anda dan C4 Team memulai cosplay, dan kenapa cosplay sebagai mecha? 

N: C4 Team memulai cosplay sekitar tahun 2007. Saya sendiri memulai sekitar tahun 2005. Saya cosplay sekitar 2 tahun sebelum akhirnya memulai C4. Saya adalah salah satu co-founder C4 Team, dan salah satu anggota generasi pertama tim kami.  Untuk kenapa mecha, itu karena ketua tim kami yang bernama Pat. Ia adalah pembuat kostum utama C4 Team, dan orang yang membuat serta mendesain kostum-kostum kami.  Ia sangat suka membuat mainan robot dari kardus atau apapun bahan yang ia dapatkan ketika ia kecil. Saat ia besar, ia bermimpi ingin membuat robot yang dapat dikenakan oleh orang. Dari situlah kami memulai membuat cosplay mecha. Akan tetapi, saat memulai kami tidak langsung memulai dengan cosplay mecha, namun dengan cosplay biasa. Kami memulai melakukan cosplay mecha sekitar tahun 2008.

IO: Bagaimana cara C4 menentukan cosplay apa yang akan dibuat berikutnya? 

N: Tergantung keinginan para anggota tim kami. Seperti ketua tim kami, Pat, jika ia menyukai robot tertentu maka ia akan cosplay sebagai karakter robot tersebut. Jika anggota tim kami ingin cosplay sebagai mecha tertentu, mereka dapat membayar harga bahan kostum yang ingin mereka kenakan dan Pat akan membuatkannya untuk mereka. Tapi biasanya sebelumnya mereka menanyakan dulu, apa kostum tersebut dapat dibuat atau tidak. Jika tidak, maka lebih baik tidak dibuat, karena beberapa karakter mecha desainnya sangat sulit atau tidak dapat dibuat. Terkadang jika kami ingin membuat suatu karakter namun menurut kami tidak akan terlihat bagus, maka kita tidak akan membuatnya. Sebagai contoh, kami tidak pernah membuat karakter mecha dari serial Evangelion, karena sangat sulit untuk membuatnya terlihat bagus.  Bukan berarti semua cosplayer mecha Evangelion tidak terlihat bagus, namun kami sedang mempelajari bagaimana cara membuatnya.

IO: Apakah ada karakter mecha yang sangat ingin di-cosplaykan oleh anda dan tim anda kedepannya?

N: Untuk pertengahan tahun ini, saya akan cosplay sebagai Atom dari Real Steel untuk sebuah kompetisi di Thailand.

IO: Soal kompetisi, saya mendengar bahwa C4 Team sudah memenangkan banyak kompetisi baik di Thailand maupun Asia. Kompetisi apa saja yang sudah dimenangkan oleh anda dan tim anda?

N: Kami merupakan pemenang Asian Cosplay Meet pada tahun 2012. Dua kali memenangkan kategori individu, juga pada tahun 2011. Kemudian untuk World Cosplay Summit memenangkan Brother Award untuk Best Costume. serta juara 2. Dan untuk dalam negeri di Thailand sudah banyak sekali yang kami menangkan.

IO: Apakah anda memiliki anime mecha favorit dan robot favorit?

N: Saya pribadi kalau untuk yang dari barat suka Atom dari Real Steel. Untuk yang dari Jepang, saya suka Combattler V, Evangelion,  Gunbuster, dan Diebuster.

IO: Terakhir, apakah anda memiliki pesan untuk para cosplayer Indonesia dan para pembaca Indonesian Otaku?

N: Jika anda menyukai cosplay, cobalah untuk membuat kostum anda sendiri terlebih dahulu. Cobalah untuk tidak membeli kostum anda dari orang lain, jika anda mulai dengan membuat kostum anda sendiri, maka anda akan mendapat keahlian dan  menjadi cosplayer yang hebat. Kami sendiri tidak memulai dengan membuat kostum penuh, namun dengan bagian kecil seperti pedang atau pistol. Yang penting adalah jangan berhenti membuat,  dan anda akan menemukan yang paling cocok dengan diri anda. Beberapa orang lebih suka cosplay sebagai karakter idol seperti Hatsune Miku, namun kami memilih untuk fokus ke cosplay armor dan mecha.  Cobalah untuk mencari tahu apa yang anda suka dari cosplay, dan cobalah untuk menjadi diri anda sendiri. Akan sangat baik jika anda dapat melakukan hal tersebut. Saya juga menyarankan agar anda menabung uang sendiri untuk cosplay dan tidak tergantung kepada uang dari orangtua karena ini merupakan hobi. Selain itu, dari yang saya lihat, cosplayer Indonesia sudah memiliki kemampuan yang tinggi dalam membuat cosplay seperti mecha dan armor. Saya sangat menantikan semuanya membuat karya terbaik mereka dalam cosplay armor dan mecha, dan saya berharap kita semua dapat bertemu nantinya.

IMG00582-20140112-2023

Terima kasih untuk Niti & Prang dari C4 Team!


C4 Team tampil sebagai bintang tamu pada acara Mecha-Robo Toys Expo pada tanggal 11-12 Januari kemarin. Penasaran dengan penampilan cosplay Cyberbots dan Shin Getter mereka? Nantikan liputan acara tersebut dari Indonesian Otaku!  

Penasaran dengan karya-karya cosplay C4 Team yang lainnya? Jangan lupa untuk me-like page Facebook mereka dan kunjungi website-website berikut!

Facebook: https://www.facebook.com/c4cosplay
Cosplay.com: http://worldcosplay.net/member/59037/
Cure: http://en.curecos.com/profile/?ch=351274

Iklan

One thought on “Interview: Thailand Cosplay Team, C4 Team”

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s