Ulasan light novel: Hikari no Mizuumi

Awalnya penulis mengetahui buku ini dari seseorang yang membagikan foto di media sosial Twitter, dan mengetahui bahwa pada foto tersebut terpampang light novel buatan novelis Indonesia. Penulis berusaha mencari novel ini di toko-toko buku tapi hasilnya nihil. Akhirnya, penulis menemukan novel ini di stand well+done group di Comic Frontier 3 yang hadir pada Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia pada Desember 2013 lalu.

First Thought

Saat melihat bagian belakang novel yang berisikan sedikit bocoran ceritanya, penulis berpikir kalau novel ini membawakan novel dengan tema lovey-dovey/harem/LDR-ship (seperti Byousoku 5 cm), tetapi, setelah penulis membaca isinya, ternyata malah dibawa ke arah cerita fiksi berbau supranatural yang lumayan membuat saya merinding membacanya.

Introduction

Hikari no Mizuumi (untuk selanjutnya disingkat Hinomi) adalah sebuah novel fiksi supranatural mengenai seorang laki-laki bernama Yoshirou yang selalu mengalami tekanan perasaan yang aneh setiap hari rabu yang dapat membuatnya tidak sadarkan diri.

Setelah ia pindah dari Mitsuko ke Kyouikushi untuk melanjutkan pendidikan tingginya, ia bertemu dengan gadis lucu bernama Sakura. Dari pertemuannya dengan Sakura, ternyata membawa Yoshirou pada jalan hidup yang baru. Sesuatu yang sama sekali tak ia duga sebelumnya.

Pros

Untuk kalian yang suka membaca cerita fiksi berbau supranatural, mungkin kalian akan menikmati saat membaca buku ini. Mengapa demikian? Karena cerita fiksi di buku ini lebih mengangkat ke hal-hal yang berbau semacam rune dan mantra.

Cons

Saat penulis membacanya, ada banyak teks, yang mungkin kurang pantas untuk dibacanya. Seperti kata “takkan” yang acap kali ditulis menjadi “tidakkan”. Penulis mengerti bahwa tulisan sama-sama mengartikan frasa dari “tidak akan”. Dan tak jarang penulis menemukannya dalam beberapa kalimat.

Penulis juga menemukan kesalahan pengetikan, di mana tulisan yang seharusnya satu paragraf dipisah menjadi dua paragraf. Adapun kemunculan paragraf-paragraf yang dimaksud ingin menambah bumbu-bumbu komedi, tetapi rasanya tidak terlalu penting untuk dimasukkan.

Verdict

Sejujurnya penulis senang membaca buku ini, apalagi penulis menyelesaikannya dalam waktu 4 hari, karena Hinomi tidak kehilangan unsur-unsur kejutan dan twist.

Gambaran kejadian aksi berkelahi di novelnya tergambarkan dengan baik sehingga pembaca dapat membayangkan dengan jelas bagaimana suasana di novel tersebut.

Illustrasinya pun bagus. Penulis suka saat Sakura memakai seragam Sailor dibanding memakai baju favoritnya ^^

Dan, setelah melalui penimbangan yang cukup matang, penulis memberikan nilai 8 dari 10 untuk LN ini.

Informasi Buku

Judul: Hikari no Mizuumi
Penulis: Rizki Surakusumah (Pen Name: Rizuki)
Illustrator: Dunceney
Penerbit: Cyu Publishing
Tebal: 223 + 7 Halaman
Harga: Rp40.000,00
ISBN: 978-979-18659-2-0

Iklan

One thought on “Ulasan light novel: Hikari no Mizuumi”

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s